BIMBINGAN TEKNIS " Pendataan dan Penyusunan Profil Desa"

  • DAHLAN AHMAD
  • Jun 10, 2023

"Malifut" Pembangunan desa di Indonesia hingga saat ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Bentuk keseriusan pemerintah dalam pembangunan desa salah satunya melalui dana desa yang diberikan kepada setiap desa. Dalam pengelolaan dana desa membutuhkan berbagai data terkait kependudukan, kelembagaan, dan karakteristik spesifik desa dalam pengelolaan dana guna menunjang proses perencanaan pembangunan desa. Data desa digunakan dalam proses analisis dan penyusunan program dalam merencanakan pembangunan desa agar pembangunan tersebut dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam pengembangan desa, profil desa sangat penting untuk menunjang pembangunan desa yaitu sebagai data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa. Profil desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan program peningkatan kapasitas penduduk desa. Ketersediaan data yang diwujudkan dalam profil desa akan mempermudah dalam proses perencanaan pembangunan desa dan harapannya program-program pembangunan yang dibuat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Bimtek Profil Desa berdasarkan Permendagri No. 12 Th. 2007 Ttg. Pedoman Penyusunan Dan Pendayagunaan Data Profil Desa Dan Kelurahan bertujuan untuk.

  1. Penyiapan instrumen pengumpulan data;
  2. Penyiapan kelompok kerja profil desa/kelurahan;
  3. Pelaksanaan pengumpulan data;
  4. Pengolahan data; dan
  5. Publikasi data profil desa dan kelurahan.